Pemkot Bandung kucurkan dana sebesar Rp300 miliar untuk atasi masalah banjir di sejumlah titik

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:30 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana ungkap Pemkot siapkan dana Rp300 miliar untuk tangani banjir, Rabu 25 Januari 2023. / Diskominfo Kota Bandung
Wali Kota Bandung Yana Mulyana ungkap Pemkot siapkan dana Rp300 miliar untuk tangani banjir, Rabu 25 Januari 2023. / Diskominfo Kota Bandung

BANDUNG INSIDER - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus memberikan solusi untuk mengatasi dan mencegah masalah banjir yang masih terjadi di berbagai tempat terutama saat puncak musim hujan akan datang.

Pada tahun 2023, Pemkot Bandung telah menyetujui anggaran sebesar Rp300 miliar untuk memberikan sejumlah solusi penanganan banjir, salah satunya dengan menambah infrastruktur kolam retensi.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, upaya penanggulangan banjir di banyak wilayah kunci tersebut masuk dalam daftar target penyelesaian RPJMD 2018-2023 dan komitmen kebijakan walikota.

Baca Juga: Menpora bongkar keuntungan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, begini dampak dan manfaatnya

“Salah satunya kita terus berusaha mengendalikan daerah banjir. Kami terus berupaya mengatasinya melalui kolam retensi dan sumur resapan,” kata Yana, dikutip BandungInsider.com dari Diskominfo Kota Bandung pada Rabu, 25 Januari 2023.

Yana menambahkan, tahun ini Pemkot Bandung menargetkan membangun empat embung lagi.

Selain pernyataan Yana, Kepala Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi menjelaskan lokasi empat tambak yang akan dibangun tahun ini, yang pertama di Taman Margahayu Raya.

Baca Juga: Jelang laga Persib Bandung kontra Borneo FC, Daesuke Sato siap balas kekalan timnya di putaran pertama

“Kami berharap (kolam retensi) bisa mengatasi banjir di sekitar Pesantren Ciwastra,” ujarnya. Sedangkan tiga lokasi lainnya, lanjutnya, berada di pasar Leuwipanjang, Pasirkoja, dan Rancabolang.

Didi juga menjelaskan mengenai pembangunan kolam retensi secara swakelola.

“Kami sedang membangun kolam retensi secara swakelola yang sejajar dengan jalan tol yang sama di Rancabolang. Kami berkembang," jelasnya.

Baca Juga: Persib Bandung siap balas dendam atas Borneo FC, Marc Klok dan Febri Haryadi jadi amunisi tambahan

Halaman:

Editor: Suwaji

Sumber: Diskominfo Kota Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X